8 Tips Tepat Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Posted on

Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Tentunya diperlukan teknik tersendiri untuk melakukannya.

Bagi sebagian karyawan yang belum terbiasa, tentu akan merasa malu, ragu dan tidak percaya diri saat berbicara di depan umum.

Cara Mengatasi Rasa Takut
Cara Mengatasi Rasa Takut

Namun Anda tidak perlu khawatir lagi, karena terdapat 8 tips tepat yang dapat dilakukan agar dapat berbicara di depan umum, yaitu sebagai berikut.

Lawan Rasa Malu

Tips mengatasi rasa takut berbicara di depan umum yaitu dengan melawan rasa malu dalam diri. Adanya rasa tidak yakin dengan potensi diri merupakan salah satu penyebab Anda merasa malu saat berbicara di depan umum.

Perasaan malu menjadi salah satu penyebab utama sebagian orang enggan berbicara di depan umum.

Boleh saja Anda memiliki rasa malu saat akan berbicara di depan umum, tapi jangan jadikan malu menjadi halangan Anda untuk terus berkembang.

Anda harus dapat melawan rasa malu dengan terus belajar dan berkembang untuk selalu memperbaiki diri dan menggali potensi diri sendiri.

 

Salah satu cara untuk melawan rasa malu yaitu dengan menganggap semua orang sama seperti Anda.

Dengan beranggapan bahwa semua orang sama dengan Anda, maka Anda dapat mengurangi rasa malu saat berbicara di depan umum.

Selain itu, Buang jauh-jauh sikap pesimis yang berpikir bahwa orang lain lebih baik dari Anda. Adanya sifat pesimis dapat menghambat prestasi yang Anda impikan.

Daripada berpikir pesimis, sebaiknya Anda berpikir optimis bahwa Anda dapat melakukan presentasi dengan lebih baik.

 

Bagi sebagian orang, tentu akan merasa malu saat harus berbicara di depan umum. Terlebih bila audiens adalah orang yang berpengaruh dan orang hebat.

Untuk mengurangi rasa malu saat pertama kali berbicara di depan umum, sebaiknya Anda harus fokus dengan materi yang akan disampaikan.

Fokuslah pada apa yang akan Anda sampaikan di depan umum. Serta jangan pedulikan apa jabatan mereka, berapa gaji mereka, atau di mana mereka bersekolah.

Selain itu, tanamkan dalam diri sendiri bahwa audiens memerlukan informasi yang Anda sampaikan.

 

Dengan fokus terhadap informasi yang disampaikan, maka hal ini dapat menekan rasa kurang percaya diri yang Anda rasakan.

Cara lain agar Anda tidak merasa malu saat berbicara di depan umum yaitu dengan menganggap bahwa audiens adalah teman Anda.

Dengan begitu, Anda dapat berbicara dengan lebih santai dan nyaman. Meski Anda salah berbicara, tentu mereka akan memaklumi, karena audiens adalah teman-teman Anda.

 

Selain itu agar tidak malu saat berbicara di depan umum, Anda dapat membayangkan bahwa Anda akan berhasil dan sukses saat menyampaikan informasi.

Dengan membayangkan kesuksesan tentu Anda akan terus belajar agar dapat menghilangkan rasa malu saat berbicara di depan umum.

Ajuin Pertanyaan Saat Rapat

Sering mengajukan pertanyaan saat menjadi peserta rapat merupakan salah satu cara agar Anda tidak merasa takut saat berbicara di depan umum.

Saat menjadi peserta rapat, seringlah mengajukan pertanyaan tentang hal yang tidak Anda mengerti. Fokuslah pada pertanyaan dan jangan takut dianggap bodoh karena sering bertanya.

Selain untuk mendapat penjelasan lebih lanjut dari pembicara, selalu bertanya juga dapat membuat Anda terbiasa berbicara di depan umum.

Dengan membiasakan diri untuk bertanya saat menjadi peserta rapat, maka Anda akan terbiasa saat berbicara di depan banyak orang.

Bukan hanya mengajukan pertanyaan saja, namun Anda juga dapat menyampaikan ide atau gagasan saat rapat.

 

Meski ide atau gagasan Anda mungkin tidak digunakan, namun hal ini dapat membuat Anda terbiasa berbicara di depan umum.

Selain itu, Anda juga dapat memerhatikan bahasa tubuh pembicara saat sedang memberikan informasi.

Dengan memahami bahasa tubuh pembicara, tentu akan membuat Anda lebih memahami cara berbicara di depan umum secara tepat.

Lakuin Persiapan Sebaik Mungkin

Tips mengatasi rasa takut berbicara di depan umum selanjutnya yaitu dengan melakukan persiapan sebaik mungkin.

Persiapan memang perlu dilakukan, agar meminimalkan terjadinya kesalahan. Sebelum berbicara di depan umum, sebaiknya lakukan persiapan secara maksimal.

Persiapan yang dapat dilakukan mengangkut materi saat presentasi, peralatan yang diperlukan selama presentasi, dan memperhatikan penampilan.

Pastikan Anda juga menyiapkan cara membuka presentasi, cara menyampaikan informasi, melakukan kontak mata dengan audiens, dan menutup presentasi dengan baik.

 

Setelah semua media pendukung telah disiapkan, lanjutkan dengan latihan sebelum presentasi. Pastikan Anda berlatih jauh hari sebelum mendekati waktu presentasi.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa gugup saat presentasi. Dengan latihan rutin, maka Anda akan lebih santai dan nyaman saat melakukan presentasi.

Lakukan persiapan sebaik mungkin sangat diperlukan sebelum Anda berbicara di depan umum.

Selain membuat lebih percaya diri, persiapan yang matang juga bisa membuat Anda menyampaikan materi dengan baik dan benar.

Saat berlatih menyampaikan informasi, sebaiknya Anda merekam performa Anda menggunakan video.

Dengan begitu Anda dapat mengetahui kekurangan dalam menyampaikan informasi, sehingga dapat langsung diperbaiki.

Dengan melihat performa Anda melalui video, tentu membuat Anda semakin percaya diri saat di depan audiens nantinya.

Jadi Diri Sendiri dan Jangan Tiru Gaya Orang Lain

Meski terdengar sederhana, namun berbicara dengan gaya Anda sendiri juga menentukan jalannya presentasi yang dilakukan.

Saat berbicara di depan umum atau presentasi, pastikan Anda berbicara dengan gaya Anda sendiri dan jangan meniru gaya bicara orang lain.

Bagi sebagian orang, tentu sulit berbicara di depan umum dengan gaya sendiri. Namun Anda harus mencobanya agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.

Setiap orang memiliki gaya bicara yang berbeda, jika Anda berbicara dengan gaya orang lain, maka Anda akan menjadi orang lain dan bukan diri Anda sendiri.

Hal ini tentu tidak membuat Anda merasa rileks dan nyaman saat presentasi, sehingga membuat suasana presentasi kurang kondusif.

Selain itu, saat mengikuti gaya orang lain, tentu materi atau informasi yang Anda sampaikan menjadi tidak menarik dan dapat membuat audiens merasa jenuh.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan gaya Anda saat berbicara di depan umum. Dengan begitu Anda akan merasa lebih mudah menyampaikan informasi.

Jika menggunakan gaya Anda sendiri saat berbicara, tentu Anda tidak akan gugup saat di depan audiens.

Meski berbicara dengan gaya Anda sendiri, namun pastikan untuk tetap berbicara sopan dengan intonasi jelas di depan audiens.

Selain berbicara dengan gaya sendiri, Anda juga harus dapat menyampaikan informasi secara menarik sehingga akan mendapat perhatian dari audiens.

Sering Lakuin Kontak Mata dengan Audiens

Lakukan kontak mata saat berbicara merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa takut berbicara di depan umum.

Dengan melakukan kontak mata, maka dapat memberikan efek kedekatan emosi antara Anda dengan audiens.

Selain itu, dengan melakukan kontak mata, maka dapat tercipta komunikasi dua arah yang menyenangkan.

Kontak mata dapat dilakukan saat Anda sedang menyampaikan presentasi maupun menjawab pertanyaan dari audiens.

Usahakan jangan melihat ke langit-langit atau ke bawah saat berbicara. Hal ini menandakan bahwa Anda tidak percaya diri saat berbicara.

Selain itu, tidak memperhatikan lawan bicara juga terlihat tidak sopan. Maka dari itu belajarlah untuk melakukan kontak mata dengan audiens.

Dengan melakukan kontak mata, Anda juga dapat menciptakan kenyamanan saat berkomunikasi.

Selain itu, melakukan kontak mata juga menunjukkan bahwa Anda menghargai orang yang sedang diajak berbicara.

Apabila Anda merasa gugup saat melakukan kontak mata dengan audiens, Anda dapat berlatih terlebih dahulu.

Anda juga dapat menganggap bahwa Anda sedang berbicara dengan rekan kerja Anda, sehingga Anda tidak akan merasa gugup saat melakukan kontak mata.

Biasain Bicara di Depan Sedikit Orang

Tips mengatasi rasa takut berbicara di depan umum selanjutnya yaitu dengan melatih diri untuk berbicara di depan sedikit orang.

Usahakan untuk selalu aktif dan terbiasa berbicara di depan sedikit orang. Dengan melakukan kebiasaan ini tentu dapat membuat Anda terbiasa saat berbicara di depan umum nantinya.

Berbicara di depan sedikit orang dapat dilakukan saat sedang rapat keluarga, pertemuan dengan teman, atau rapat di lingkungan warga tempat tinggal Anda.

Dengan mulai membiasakan diri berbicara di depan sedikit orang, maka Anda dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

Sehingga tidak membuat Anda gugup saat berbicara di depan banyak orang nantinya. Selain itu, kebiasaan ini dapat membuat Anda lebih nyaman saat berbicara di depan banyak orang.

Gunain Cermin untuk Latihan

Berlatih di depan kaca atau cermin dapat membuat Anda merasa percaya diri saat akan berbicara di depan umum.

Dengan berlatih di depan kaca, tentu Anda dapat mempelajari ekspresi dan bahasa tubuh yang dapat digunakan saat berbicara di depan umum nantinya.

Hal ini tentu dapat mengurangi rasa gugup saat Anda berada di depan umum. Sehingga, Anda lebih santai dan nyaman saat berbicara.

Bukan hanya mengurangi rasa gugup, namun dengan berlatih di depan cermin juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

Sehingga Anda tidak akan merasa malu lagi saat berbicara di depan umum. Dengan begitu maka akan timbul pikiran positif dalam diri Anda.

Selain berlatih di depan cermin, Anda juga dapat berlatih dengan seorang mentor profesional. Berlatih dengan mentor profesional tentu dapat mendorong rasa percaya diri Anda.

Dengan berlatih dengan seorang yang profesional tentu Anda akan mempelajari berbagai hal terkait berbicara di depan umum.

Hal ini tentu dapat membuat Anda semakin berkembang dan lebih baik dalam menyampaikan informasi di depan audiens.

Jangan Lupa Berdoa

Sebelum memulai suatu kegiatan, pastikan untuk selalu berdoa terlebih dahulu. Dengan berdoa, maka dapat membantu menenangkan perasaan Anda.

Berdoa juga dapat mengurangi keraguan dalam diri Anda, sehingga membuat Anda lebih percaya diri saat akan menyampaikan informasi di depan umum.

Selain itu, berdoa juga bisa memberikan getaran positif dalam diri. Sehingga tanpa sadar Anda bisa memiliki keberanian untuk berbicara di depan umum.

Berbicara di depan umum, tentu bukan perkara yang mudah dilakukan. Hal ini karena diperlukan adanya persiapan, teknik tepat saat berbicara, dan latihan.

 

Terdapat berbagai tips untuk mengatasi rasa takut berbicara di depan umum, mulai dari persiapan hingga berdoa sebelum memulai.

Teruslah belajar dan mengikuti tips seperti di atas agar Anda lebih berani dan percaya diri saat berbicara di depan umum.