Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Iri Pada Anda

Posted on

Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Iri – Dalam dunia kerja tidak lepas dari persaingan dan tantangan. Persaingan dalam dunia kerja dapat membuat karyawan bekerja lebih giat lagi.

Dalam bersaing, tentu harus dilakukan secara sehat dan sportif. Namun tidak jarang persaingan ini dicemari dengan rasa iri hati dari rekan kerja.

Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Iri copy
Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Iri copy

Adanya iri hati inilah yang dapat membuat suasana tempat kerja tidak kondusif. Untuk mengatasi rekan kerja yang iri, Anda dapat menerapkan 7 cara sebagai berikut.

Kenali Karakter Rekan Kerja

Cara menghadapi rekan kerja yang iri pada Anda yaitu dengan mengenali karakter rekan kerja.

Selain itu, jangan langsung berpandangan negatif dengan rekan kerja yang iri kepada Anda.

Bisa jadi rasa iri yang timbul dari rekan kerja tersebut dilatar belakangi oleh berbagai faktor, seperti faktor pekerjaan, keluarga, maupun memang sudah menjadi sifat bawaan.

Untuk memulai perkenalan dan mencari tahu mengenai latar belakangnya, Anda dapat mencari informasi melalui teman terdekatnya.

Jika tidak ada, Anda dapat menanyakannya kepada pihak HRD. Biasanya HRD lebih mengenal setiap karyawan secara personal.

Dengan mengenal rekan kerja lebih dekat, Anda bisa menjadi partner yang baik kepada rekan kerja tersebut.

Namun apabila rekan kerja yang iri adalah rekan kerja yang telah Anda kenal lama, bisa jadi sifat iri tersebut memang menjadi sifat bawaannya, sehingga sulit berubah.

Maka dari itu sebaiknya jangan langsung terpancing atau berpikiran negatif kepada rekan kerja yang iri kepada Anda.

Sebaiknya Anda cari tahu informasi tentang rekan kerja yang iri tersebut, dan carilah hal yang melatar belakangi rasa irinya.

Bantuin Rekan Kerja Saat Mengalami Kesulitan

Sifat iri dapat terjadi karena Anda lebih berprestasi dalam pekerjaan. Bisa jadi Anda dapat mencapai target lebih banyak dibanding rekan kerja Anda.

Dalam hal ini Anda dapat menawarkan bantuan kepada rekan kerja untuk mencapai target dalam pekerjaannya.

Dengan begitu, Anda dapat mengurangi adanya rasa iri dari rekan kerja karena Anda telah berusaha membantunya.

Jika rekan kerja bertanya bagaimana Anda dapat mencapai prestasi dalam kerja, maka jangan sungkan untuk memberikan kunci sukses Anda kepadanya.

Siapa tahu dengan mebagi tips sukses dalam pencapaian kerja dapat membuat rekan kerja tersebut tidak lagi merasa iri kepada Anda.

Batasi Komunikasi dengan Mereka

Salah satu cara untuk menghadapi rekan kerja yang iri kepada Anda yaitu dengan membatasi komunikasi. Dengan membatasi komunikasi maka Anda bisa bekerja dengan lebih nyaman.

Tentu  menghadapi rekan kerja yang iri bukanlah hal yang mudah dilakukan. Terutama saat berhadapan dengan rekan yang memiliki sifat dasar cenderung iri dan mudah curiga.

Maka dari itu, sebisa mungkin jangan terlalu berkomunikasi dengan rekan kerja yang iri kepada Anda.

Komunikasi boleh saja dilakukan, namun hanya sebatas pekerjaan saja dan jangan berbicara tentang hal pribadi kepada mereka.

Bila berkomunikasi terlalu jauh, terlebih membicarakan hal di luar pekerjaan, dikhawatirkan akan menjadi pemicu konflik yang lebih besar.

Jika telah terjadi konflik, tentu membuat suasana di kantor menjadi kurang kondusif dan tidak nyaman.

Berkomunikasi dengan rekan yang memiliki sifat iri kepada Anda dapat menebar energi negatif yang bisa memicu konflik di tempat kerja.

Maka dari itu, agar pekerjaan Anda berjalan lancar sebaiknya batasi komunikasi dengan rekan kerja yang mudah iri kepada Anda.

Selain itu, sebaiknya fokus berteman dengan rekan kerja yang menyukai Anda. Karena berteman dengan rekan kerja yang iri hanya akan membuat sakit hati.

Sedangkan berteman dengan rekan yang menyukai Anda dapat membuat Anda lebih senang bekerja.

Hal ini karena rekan kerja yang baik pasti akan selalu mendukung Anda dalam pekerjaan.

Usahain Tetap Tenang dan Tidak Mudah Terpancing

Cara menghadapi rekan kerja yang iri pada Anda yaitu dengan berusaha tetap tenang.

Tetap tenang dan tidak mudah terpancing merupakan salah satu cara tepat agar Anda dapat bekerja dengan nyaman tanpa gangguan.

Orang yang iri biasanya akan menebarkan gosip negatif tentang Anda. Apabila Anda mendengar gosip tersebut, sebaiknya jangan merespon dengan cara negatif.

Berusaha untuk tetap tenang dan jangan mudah terpancing emosi. Gosip itu disebar agar Anda merespon dan membuat Anda tidak konsentrasi dalam pekerjaan.

Maka dari itu sebaiknya tetap tersenyum dan sabar, meskipun Anda dibicarakan dan dihujat banyak orang.

Sebaiknya Anda fokus untuk mendapatkan prestasi dalam kerja dan buktikan bahwa gosip yang disebarkan tentang Anda tidak benar.

Dengan fokus pada pekerjaan, maka secara perlahan berita buruk tentang Anda akan hilang dengan sendirinya.

Selain tetap tenang dan tidak mudah terpancing, Anda juga bisa membicarakan masalah ini secara baik-baik.

Hal ini berlaku bagi rekan kerja yang masih dapat diajak berkomunikasi. Anda dapat mengajak rekan tersebut untuk bertemu dan membicarakan masalah tanpa emosi.

Dengan begitu, Anda dan rekan kerja dapat mengurangi konflik yang terjadi saat di tempat kerja, sehingga membuat suasana kerja menjadi semakin nyaman.

Usahain Tetap Bersikap Rendah Hati

Cara menghadapi rekan kerja yang iri pada Anda yaitu dengan selalu bersikap rendah hati.

Mungkin tanpa disadari, Anda terlalu berlebihan saat berhasil meraih prestasi. Hal ini dapat menimbulkan sikap iri dari rekan kerja.

Sebaiknya Anda selalu melakukan evaluasi saat meraih kesuksesan. Pastikan untuk tetap bersikap rendah hati dan jangan mengungkit keberhasilan di depan rekan kerja Anda.

Meski Anda mendapat prestasi di tempat kerja, sebaiknya jangan menyombongkan diri.

Apabila Anda menyombongkan diri dengan prestasi yang didapat, maka dapat memancing banyak orang yang iri dengan Anda.

Sebaiknya Anda harus tetap rendah hati meski Anda mendapat banyak prestasi. Bahkan Anda harus sering memberi apresiasi terhadap rekan di kantor.

Dengan apresiasi yang Anda berikan, maka dapat memicu semangat rekan kerja untuk meraih prestasi.

Selain itu, tekankan juga bahwa prestasi yang Anda dapatkan juga tidak lepas dari bantuan rekan kerja. Dengan begitu maka dapat membuat rekan kerja merasa lebih semangat bekerja.

Rekan kerja yang iri, tentu sangat menyebalkan. Bahkan terkadang dapat membuat Anda mengejek rekan kerja yang iri tersebut.

Namun sebaiknya hindari mengejek rekan kerja. Dengan mengejek rekan kerja tentu membuat Anda semakin terlihat tidak profesional dalam bekerja.

Sebaiknya Anda membantu rekan kerja yang iri tersebut saat mengalami kesulitan di kantor. Siapa tahu dengan cara tersebut dapat membuat rekan kerja tidak lagi iri kepada Anda.

Tetap Jaga Profesionalitas Kerja

Bersikap profesional merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki saat menghadapi rekan kerja yang iri pada Anda.

Tetap menjaga profesionalitas dalam bekerja akan menunjukkan bahwa Anda lebih baik dari rekan yang iri kepada Anda.

Jika Anda harus bekerjasama dengan rekan kerja yang iri kepada Anda, maka tunjukkan bahwa Anda mampu bekerja dengan baik dan profesional.

Pastikan Anda harus mengerjakan setiap tugas secara profesional dan jangan menolak tugas karena harus bekerja dengan rekan yang iri kepada Anda.

Bersikaplah biasa saja meski Anda bekerja dengan orang yang iri kepada Anda. Sebaiknya Anda harus fokus kepada tugas yang diberikan untuk mendapatkan hasil lebih baik.

Selain itu, jangan tunjukkan sikap kasihan kepada rekan kerja apabila Dia mengalami kegagalan.

Sebaiknya carilah solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Serta abaikan semua hal buruk yang dilakukan rekan kerja tersebut kepada Anda.

Bahkan saat Anda menjadi pemimpin tim dalam suatu proyek, tentu Anda harus bersikap profesional.

Meski dalam tim yang Anda pimpin ada rekan kerja yang iri, Anda jangan membedakan dengan rekan kerja lain.

Berilah keputusan dalam tim secara adil dan objektif. Dengan cara tersebut, Anda akan lebih terlihat profesional dan tidak membedakan.

Selama rekan kerja yang iri tersebut tidak melakukan sesuatu yang merugikan Anda seperti bisa membuat Anda keluar dari pekerjaan, maka Anda tidak perlu khawatir.

Tetap lakukan kerjasama dan tunjukkan sifat profesionalitas dan jauhi sifat kekanakan yang hanya akan merugikan diri Anda sendiri.

Dengan bersikap profesional dalam bekerja tentu dapat membuat Anda lebih fokus dan dapat menunjukkan bahwa Anda dapat bekerja lebih baik.

Selain itu saat bekerja, tekankan dalam pikiran Anda untuk selalu berpikir positif.

Berpikir positif tentu tidak mudah dilakukan, terlebih objek yang dihadapi ialah rekan kerja yang memiliki sifat iri kepada Anda.

Namun, ingatkan diri Anda bahwa konflik tidak akan selesai dan cenderung lebih luas apabila ditanggapi dengan negatif.

Maka dari itu, usahakan untuk selalu berpikir dan menyikapi setiap masalah dengan positif. Bila diterapkan tentu dapat membuat Anda terhindar dari penyakit batin.

Jangan Balas Dendam

Balas dendam bukanlah langkah bijak untuk membalas seseorang. Meskipun Anda sangat kesal dan marah dengan tindakan seseorang, namun jangan pernah melakukan balas dendam.

Jangan sampai Anda melakukan hal buruk hanya karena dendam, seperti menyebarkan gosip, menjelek-jelekkan nama baik rekan kerja tersebut, dan lain sebagainya.

Bila Anda melakukan hal tersebut, tentu masalah yang ada di tempat kerja menjadi semakin besar dan tidak akan pernah selesai. Hal itu tentu sangat merugikan diri sendiri.

Sebaiknya hadapi rekan kerja yang iri kepada Anda dengan sikap elegan.

Selain itu, jangan menganggap semua perbuatannya menjadikan Anda pribadi yang minder. Hal ini tentu semakin merugikan diri sendiri.

Sebaiknya bersikaplah secara profesional tanpa menghiraukan sikap iri rekan kerja kepada Anda. Lebih baik Anda fokus dengan pekerjaan.

Saat atasan mengetahui konflik yang terjadi antara Anda dengan rekan kerja, sebaiknya ceritakan secara jujur.

Bersikap jujur dapat menunjukkan hal positif dari Anda dihadapan atasan maupun rekan kerja.

Selain itu, Pastikan untuk tetap berpikir positif dan tetap fokus dalam bekerja.

Dengan begitu Anda dapat bekerja dengan nyaman tanpa terganggu dengan rekan kerja yang iri kepada Anda.

Dibandingkan dengan balas dendam, sebaiknya Anda selalu bersikap positif dan terus mengembangkan potensi diri sendiri.

Selain membuat prestasi lebih cemerlang, Anda juga dapat membuktikan bahwa setiap gosip yang dituduhkan kepada Anda tidaklah benar.

Persaingan dalam dunia kerja bisa dialami oleh siapa saja. Persaingan ini tentu dapat membuat seorang karyawan berlomba-lomba meraih target yang diminta perusahaan.

Namun persaingan akan menjadi buruk bila ada sikap iri antara rekan kerja. Untuk menghadapi rekan kerja yang iri pada Anda, gunakan 7 cara seperti di atas.