Cara Screenshot di Laptop
Cara Screenshot di Laptop

Cara Screenshot di Laptop

Posted on

Di era modern seperti sekarang ini, penggunaan laptop dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi kebutuhan primer yang seringkali kita jumpai. Sebagai contoh untuk mengambil screenshot pada layar laptop, tentu bukan lagi hal yang baru. Cara screenshot di laptop sendiri bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan berbagai macam aplikasi tambahan yang dapat Anda pasang di laptop.

Namu, sebagian orang juga ada yang belum memahami bagaimana cara melakukan screenshot pada laptop. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami beberapa langkah dan ulasan berikut ini mengenai cara screenshot di laptop yang bisa Anda pelajari, diantaranya:

  1. Cara Screenshot Laptop di Windows XP

Walaupun sebagian besar orang menganggap sistem operasi yang satu ini sudah sangat kuno, dimana ditandai dengan berhentinya Microsoft yang menyediakan layanan apapun termasuk update untuk sistem operasi ini. Namun, Anda juga masih perlu tahu perihal sistem operasi Windows XP ini.

  • Adapun untuk melakukannya Anda hanya perlu menekan tombol Print Screen atau PrtSc yang biasanya terletak di bagian pojok kanan atas keyboard Anda.
  • Setelah itu, Anda bisa menekan Ctrl+V di program apapun yang juga mempunyai kemampuan untuk paste gambar misalnya Microsoft Power Point, Microsoft Word, paint, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga cara lain yang bisa Anda lakukan jika ingin mengambil gambar jendela secara spesifik.

  • Adapun caranya ialah dengan menekan tombol Alt+PrtSc secara bersamaan.
  • Kemudian, Anda dapat melanjutkannya dengan menggunakan proses yang sama seperti sebelumnya.
  1. Cara Screenshot Laptop di Windows Vista dan Windows 7

Anda perlu tahu bahwa ternyata Windows Vista dan Windows 7 sudah dibekali oleh Microsoft dengan metode screenshot lain. Dimana cara screenshot di laptop dengan sistem operasi ini adalah dengan menggunakan Snipping tools. Adapun fitur ini bisa Anda jumpai pada seluruh versi Windows kecuali edisi starter dan basic serta tentunya Windows XP.

  • Perlu Anda ketahui bahwa cara membuka fitur ini, Anda hanya perlu menekan tombol start,
  • kemudian Anda bisa melanjutkannya dengan memilih All Programs dan,
  • dilanjutkan kembali dengan memilih Accessories dan terakhir klik Snipping tool.
  • Anda juga bisa mengambil area screenshot secara spesifik pada layar monitor Anda dengan menggunakan aplikasi ini.
  • Adapun caranya ialah dengan klik new lalu save, setelah itu selesai mengambil screenshot.
  1. Cara Screenshot Laptop di Windows 8

Adapun keunggulan dari sistem operasi yang satu ini adalah Microsoft sudah membekalinya dengan kemampuan yang bisa menyimpan screenshot yang Anda ambil secara otomatis ke dalam folder spesifik.

  • Dimana cara melakukannya adalah Anda hanya perlu menekan tombol windows dan Print Screen secara bersamaan.
  • Setelah itu, hasil dari screenshot akan tersimpan secara otomatis pada pictures library.

7 cara Screenshot Laptop di Windows 10

Selain mempelajari sistem operasi yang sudah lampau, Anda juga perlu memahami cara screenshot di laptop pada Windows 10. Sama halnya dengan sistem operasi sebelumnya, ada beberapa fitur yang juga digunakan oleh windows sebelumnya. Namun, yang membedakan adalah cara untuk melakukan screenshot tersebut.

  1. Snipping Tool

  • Anda bisa menemukan fitur yang satu ini dengan cara menekan start lalu all programs, klik windows accessories. Nantinya, Anda akan menemukan aplikasi snipping tools ini. Adapun penggunaan aplikasi ini adalah Anda hanya perlu klik new untuk memulai prosesnya.
  • Adapun jenis snip dasar yang dapat Anda gunakan adalah snip persegi panjang. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan mouse untuk memilih area layar yang ingin di screenshot.
  • Beberapa fitur yang tergolong baru disini adalah free form, window, hingga full-screen snips. Adapun dengan memanfaatkan aplikasi ini cukup lengkap dalam hal pengambilan screenshot.
  • Jika sudah mengambil screenshot, Anda perlu melakukan save secara otomatis sebelum Anda keluar dari jendela aplikasi.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung membuka aplikasi edit foto pc guna mengedit hasil screenshot yang sudah diambil sebelumnya.
  1. Tombol PrtSc

Cara screenshot di laptop dengan Windows 10 yang kedua adalah salah satu cara yang tergolong paling sering digunakan.

  • Anda hanya perlu menekan tombol PrtSc atau PrtScn, dimana tombol-tombol ini terletak pada bagian pojok kanan atas. Adapun perbedaannya dengan snipping tools Windows 10 ialah apabila Anda menggunakan cara ini maka gambar yang Anda ambil secara otomatis akan tersimpan dalam folder screenshots pada folder pictures.
  1. Windows + PrtSc

  • Ada juga cara ketiga yaitu dengan menekan tombol windows secara bersamaan dengan PrtSc atau PrtScn. Dimana jika Anda menekan kedua tombol ini, maka Anda bisa mengambil gambar layar laptop Anda secara keseluruhan dan otomatis file akan tersimpan pada folder screenshots.
  • Adapun jika Anda berhasil melakukan cara screenshot di laptop ini seharusnya layar laptop Anda akan menjadi sedikit gelap dan juga akan kembali normal dalam beberapa waktu.

Perlu Anda ketahui bahwa Kelebihan dari fitur ini ialah Anda dapat mengambil gambar laptop secara beruntun tanpa perlu menyimpannya lagi secara manual.

  1. Windows + H

  • Setelah itu, ada juga cara screenshot di laptop dengan Windows 10 yang masih tergolong baru yaitu Anda bisa menekan tombol Windows secara bersamaan dengan huruf H, cara ini bisa Anda lakukan dengan tujuan sharing.
  • Adapun cara screenshot di laptop ini bisa Anda lakukan, maka secara otomatis layar Anda akan dicapture dan selanjutnya laptop Anda akan secara otomatis membuka windows share toolbar, sehingga Anda bisa segera mengirimkan file tersebut kepada teman Anda melalui berbagai media sosial yang sudah dihubungkan sebelumnya.
  1. Alt + PrtSc

  • Ada juga cara cepat yang merupakan modifikasi dari beberapa cara sebelumnya, yaitu dengan cara menekan tombol Alt secara bersamaan dengan PrtSc/PrtScn pada keyboard Anda.
  • Dimana dengan menekan kedua tombol tersebut, maka Anda bisa mengambil gambar jendela yang sedang aktif. Namun, kekurangan cara ini hampir sama seperti cara kedua dan ketiga, dimana Anda harus tetap menyimpan gambar secara manual dengan cara klik paste pada aplikasi-aplikasi.
  1. Windows + Volume down

Selain itu, ada juga cara yang tergolong jarang digunakan. Dimana cara ini biasanya hanya bisa digunakan oleh para pengguna Surface. Sehingga, bagi Anda yang menggunakan Windows Surface bisa mengambil screenshot dengan cara menekan tombol Windows dan juga volume down.

  • Adapun cara ini hampir sama dengan cara screenshot pada tablet maupun ponsel cerdas lainnya. Dimana jika Anda berhasil melakukan screenshot maka layar Surface sejenak akan redup dan kembali terang.
  • Kemudian, gambar yang Anda ambil tersebut akan secara otomatis tersimpan dalam folder screenshots oleh Surface.
  1. Snip Editor

  • Adapun cara screenshot di laptop dengan Windows 10 yang terakhir ini tergolong cukup rumit, dimana Anda perlu menggunakan aplikasi khusus seperti Snip Editor, Microsoft Snip, yang mungkin beberapa orang akan menganggapnya lebih baik dibandingkan menggunakan Snipping Tool.

Beberapa cara screenshot di laptop yang sebelumnya sudah dibahas, diharapkan dapat menjadi referensi bagi Anda yang belum mengetahui banyak cara-cara pengambilan gambar baik secara instan maupun manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published.