pengertian nilai

Pengertian Nilai Secara Umum dan Menurut Para Ahli LENGKAP 2019

Posted on

Pengertian Nilai – Hello Sahabat Amanah, kembali lagi dengan admin Saling Amanah. Sudah beberapa hari admin belum melakukan update konten, maaf ya? karena ada beberapa urusan yang perlu didahulukan, hehehe.

Sahabat, kali ini admin akan membuat konten tentang Pengertian Nilai dimana dikalangan umumnya ternyata masih saja belum mengerti tentang hal ini. Mulai dari Pengertian Nilai secara umum hingga pengenrtian nilai menurut para ahli.

Mungkin bukan itu saja ya sahabat, disini kami juga akan membahas tentang jenis-jenis nilai, dan juga tentang karakteristik nilai, dan ada pula pembahasan mengenai fungsi dan ciri-ciri yang ada.

Mari sekarang kita mulai, kita langsung masuk di pembahasan yang awal yaitu mengenai pengertian nilai menurut kami. Sahabat mari simak bersama-sama dan baca dengan seksama ya sahabat?.

Pengertian Nilai Secara Umum

pengertian nilai
pengertian nilai

Didalam ilmu yang pernah kami pelajari, pengertian secara umum nilai ialah suatu alat atau tools yang memberikan kepada suatu alasan yang utama bahwasannya dengan cara ini untuk melakukan atau keadaan akhir tertentu, namun lebih sangat diminati secara sosialnya jikalau dibandingkan dengan cara-cara untuk melakukan atau keadaan akhir yang berlainan atau saling menyimpang keadaan itu sendiri.
Didalam suatu nilai yang sangat pasti ada unsur-unsur yang mempertimbangkan berkaitan dengan suatu ide-ide atau nalar individu manusia tentang sesuatu yang sangat dinginkan oleh individu itu sendiri, baik, atau benar nilainya. Pengertian Nilai bisa juga digunakan untuk memberikan pengaruh yang sangat dalam berperilaku dan bersikap.

Pengertian Nilai Menurut Ahli

pengertian nilai

Sahabat Amanah, Selain pengertian nilai secara umum ada juga perngertian Nilai menurut para ahli, adapun pengertian nilai menurut para ahli yang kami rangkum dalam bidangnya ialah. Ilmuan/ Para ahli sangat sering memberikan definisi atau pengertian nilai dengan sudut pandang yang berbeda-beda dalam menyikapinya.
Berikut ini adalah definisi nilai dari para ahli tersebut yang sangat berpeangaruh:

• Notonagoro

Yang pertama Pengertian Nilai pendapat dari Notonagoro, definisi nilai ialah sesuatu hal yang telah memiliki tiga unsur-unsur utama di antaranya adalah nilai materi, nilai vital dan nilai rohani.

• Danandjaja

Yang kedua Pengertian Nilai pendapat dari Danandjaja, definisi nilai yaitu suatu pengertian yang telah ada pada diri seseorang yang mengenai sesuatu hal yang sangat penting maupun tidak terlalu penting, yang baik maupun yang kurang baik, sekalipun benar ataupun yang salah pada dirinya.

• Horrocks

Yang Ketiga Pengetian Nilai pendapat Horrocks, difinisi nilai ialah suatu hal yang membuat pada diri seseorang atau organisasi sosial yang meberikan keputusan-keputusan tentang keinginan yang diraih ataupun suatu hal yang diperlukan.

• Mulyana

Yang Keempat Pengertian Nilai pendapat Mulyana, definisi nilai ialah suatu keyakinan dan juga sebagai rujukan yang sangat berguna untuk suatu keputusan.

• Spranger

Yang kelima Pengertian Nilai pendapat Spranger, definisi nilai ialah sebuah tatanan yang sangat berguna dan bisa digunakan untuk panduan oleh seseorang untuk membandingkan dan membuat suatu keputusan pilihan alternatif didalam kondisi sosial tertentu.

• Gordon Allport

Yang Keenam Pengertian Nilai menurut Gordon Allport, Definisi nilai ialah sesuatu yang diyakini yang dapat memberikan pengaruh yang sangat kepada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan yang sesuai dengan pilihannya sendiri.

• Kluckhohn

Yang Ketujuh Pengertian Nilai pendapat Kluckhohn, Definisi nilai ialah suatu konsep dari sesuatu hal yang kita inginkan dan juga dapat meberikan pengaruh terhadap seseorang untuk memilih tindakan-tindakan tertentu terhadap tujuan dan cara yang ingin dicapainya.
Karakteristik Nilai

Karakteristik Nilai

Setelah kita berdiskusi mengenai arti nilai, selanjutnya adalah mengenai karakteristik nilai. Berikut ini adalah karakteristik nilai.

  1. Umum
  2. Abstrak
  3. Konsepsional
  4. Nilai tidak selalu mengandung kualitas moral
  5. Nilai juga tidak selalu realistik
  6. Memiliki sifat campuran
  7. Dan cenderung bersifat stabil

Jenis Jenis Nilai

pengertian nilai
pengertian nilai

Ditinjau dari pengertian nilai secara mayoritas, maka nilai akan terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis nilai tersebut :

  1. Nilai Ekonomi : Suatu pertimbangan yang dilakukan oleh seseorang untuk menilai ada tidaknya keuntungan finansial dari tindakannya.
  2. Nilai Agama : Pertimbangan yang dilakukan oleh individu untuk menentukan suatu kepercayaan atau agama.
  3. Nilai Keilmuan : Berhubungan sangat erat dengan pertimbangan rasional yang dilakukan seseorang.
  4. Nilai Solidaritas : Perilaku seseorang kepada orang lain tanpa menghiraukan akibat yang akan ditimbulkannya kepada diri sendiri, baik itu akibat yang positif maupun negatif.
  5. Nilai Seni : Pertimbangan seseorang terhadap suatu hasil karya seni.
  6. Nilai Kuasa : Pertimbangan seseorang terhadap baik buruknya suatu hal guna kepentingan sendiri maupun kelompok.

Fungsi Nilai

Jikalau ditinjau menurut mayoritas nilai memiliki beberapa fungsi fungsi yaitu sebagai berikut :

  1. Memiliki fungsi sebagai pendorong.
  2. Dapat berfungsi sebagai petunjuk arah.
  3. Sebagai pelindung.
  4. Mempunyai fungsi sebagai perwujudan seseorang.
  5. Sebagai sarana memberikan pendapat.
  6. Nilai sebagai alat pemersatu.
  7. Bisa digunakan untuk alat membantu perkembangan diri manusia.

Ciri Ciri Nilai

Ada pula ciri-ciri dari pengertian nilai tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Tercipta dari proses sosialisasi dan proses belajar.
  2. Nilai merupakan suatu hal yang dihasilkan dari interaksi antar warga masyarakat.
  3. Dipublikasikan kepada masyarakat.
  4. Memiliki sifat yang relatif, tergantung bagaimana kondisi kebudayaan suatu daerah tersebut.
  5. Salah satu bagian dari usaha dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan manusia.
  6. Dari setiap warga masyarakat, biasanya memiliki pengaruh yang berbeda.
  7. Memiliki kecenderungan saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya guna membentuk sistem.
  8. Bisa memberikan pengaruh dalam proses pengembangan diri seseorang.

Penutup

Itulah tadi ulasan mengenai pengertian nilai menurut cak min, mulai dari pengertian nilai secara umum dan menurut para ahli hingga jenis jenis nilai, fungsi nilai, karakteristik nilai, dan ciri ciri nilai.

Okeh itu saja yang dapat saya berikan pada postingan kali ini. Jikalau ada suatu kesalahan dalam penulisan, saya mohon maaf. sahabat thank you sudah mengunjungi portal saling amanah, hehehe, see you…..

Pengertian Nilai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *