Pengertian Ribosom
Pengertian Ribosom

PENGERTIAN RIBOSOM : Struktur Beserta Fungsinya Penjelasan Lengkap

Posted on

Pengertian Ribosom – Posting ini akan membahas definisi / definisi ribosom, struktur ribosom dan fungsi ribosom. Lihatlah pembahasan sebagai berikut:

Pengertian Ribosom

Ribosom adalah salah satu organel yang memiliki ukuran relatif kecil dan padat yang berfungsi sebagai tempat untuk sintesis protein. Ribosom memiliki diameter 17-20 nm dan terdiri dari dua subunit, yaitu sekitar 65% RNA dan protein sekitar 35%.

Ribosom berasal dari kata “Rib” yang berasal dari asam ribonulic dan menambahkan kata “Soma” yang berarti tubuh. Definisi ribosom lainnya adalah organel yang terdiri dari protein ribosm (riboprotein) dan asam ribonukleat (ribonucleoprotein).

Struktur Ribosom

Sahabat Amanah, Anda harus tahu struktur ribosom. Karena ribosom mempunyai 2 komponen, yaitu subunit kecil dan subunit besar. Kedua subunit selalu dihubungkan bersama dalam pembentukan protein baru yang akan diproduksi dan dua subunit terdiri dari untaian beberapa RNA dan berbagai protein..

  • Subunit kecil: Subunit ini tidak terlalu kecil, tetapi lebih kecil dari subunit besar. Subunit kecil berguna untuk mentransmisikan / mentransmisikan informasi selama sintesis protein. Ini disebut “40S” dalam sel eukariotik dan “50S” dalam sel precaryotic.
  • Subunit besar: Subunit besar berisi lokasi / lokasi di mana tautan baru akan dibuat untuk menghasilkan protein.
  • Huruf “S” dalam nama subunit adalah satuan ukuran dan jumlah satuan Sverdberg.
  1. Sintesis Protein

Tugas utama ribosom adalah membuat protein untuk sel. Ada banyak jumlah / ratusan protein yang sangat diperlukan untuk sel, sehingga ribosom memberikan panduan khusus tentang produksi setiap protein, ini berasal dari nukleus dalam bentuk RNA. MRNA (Massenger RNA) mengirimkan pesan khusus dalam bentuk kode-kode tertentu sehingga ribosom dapat mengetahui cara membentuk protein.

  1. Translasi

Penerjemahan adalah proses mengekstraksi informasi dari mRNA dan mengubahnya menjadi protein. Berikut beberapa langkah yang harus diikuti untuk membuat protein:

  • Kedua subunit dikombinasikan dengan mRNA (messenger RNA).
  • Ribosom menemukan starter (mulai) di tempat yang tepat pada RNA yang disebut usus besar.
  • Ribosom bergerak menuruni RNA, kemudian membaca instruksi untuk asam amino untuk melampirkan protein. Masing-masing dari tiga huruf pada RNA adalah asam amino baru.
  • Ribosom menempel pada asam amino untuk membentuk dan mengembangkan protein.
  • Ribosom akan berhenti membentuk protein ketika mereka mencapai kode “berhenti” RNA ini, yang menunjukkan bahwa protein siap..

Fungsi Ribosom

Fungsi utama ribosom adalah sebagai berikut:

  • Sebagai tempat sintesis protein.
  • Sebagai mesin pengatur dengan komponen yang terlibat dalam sintesis protein.
  • Digunakan untuk mengikat asam amino yang ada dalam sitiplasma.

Dengan demikian, informasi singkat tentang pemahaman ribosom, struktur dan fungsi ribosom semoga bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

Baca Juga : Bagian-bagian Seldan Fungsi Sel Penjelsan Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *